BITTER SWEET COFFEE [01]


Secangkir kopi akan membawamu pada dua hal, pahit dan manis. Terkadang, kamu akan lebih merasakan pahitnya ketimbang manisnya. Seperti yang pernah kualami. Tentang pahit yang menjadi dominan.

***

Sebenernya gue mau cerita apaan sih? Sok banget bawa-bawa quotes? Sok-sok banget berfilsafat, mikirin berapa harga sabun tempo hari aja sampe guling-guling di pasar (kenapa harus sabun?). Sekarang sok-sok bikin analogi kaya mau cerita hal yang wow dan penting, gitu? Padahal kenyatannya cerita yang bakal gue sebarin kali ini sama sekali nggak relevan sama kalimat-kalimat di atas. Dan jangan kaget, tentang apa yang bakal gue certain ke kamu semua.

Sebagai peringatan awal, ini cerita nyata, bukan fiktif yang dialami sendiri oleh penulis blog. Sedikit …. Tahu sendirilah dari postingan kemarin-kemarin. Jangan harap ini soal yang serius banget. Dan jangan kaget baca kelanjutan dan kelanjutannya.

Alah! Lagi-lagi sok banget! Ngapain sih harus adu kesongongan segala. Bikin rumpii… -.- Mendingan langsung aja, soal pait manis itu.

Tapi sebenernya di postingan kali ini gue mau certain sesuatu yang berhubungan erat dengan kondisi ‘politik’ gue saat ini. Nggak tau kenapa tiap menjelang maghrib sampai sebelum subuh, gue selalu merasa terancam semenjak beberapa bulan terakhir. Tahu kenapa?

Nggak? Mau denger ceritanya? Tapi kamu setuju apa nggak gue bakal tetep ngetik postingan ini sampe selesai. *HIDUP MP!

Oke, kisah hidup gue ini di mulai tepat satu tahun lalu. Tepat di mana keponakan tetangga gue yang ternyata tante dan om-nya adalah tetangga gue sendiri, dan sekarang dia tinggal di rumah tetangga gue, jadinya dia sekarang udah jadi tetangga gue.

Bingung? 

Nggak juga sih ya, tapi agak ribet juga. Lagian ambigu. Bisa nulis nggak sih sebenernya? (:o)


Oke, kita lanjut tentang keponakan tetangga gue. Keponakan tetangga gue ini dateng ke rumah om sama tantenya yang merupakan tetangga gue. Dan, kalian tau? Dia datengnya nggak sendiri. Tapi dia datang dengan bawa bayi! Bawa bayi, men! Ini merujuk pada hal-hal yang merugikan.

Cukup! Jangan pada berspekulasi dulu… Gue tahu pasti lo lagi terjebak sama pemikiran ala sinetron-sinetron jaman millennium yang masih awet sampai sekarang. Bukan kok, keponakan gue itu bukan hamil di luar nikah terus bawa bayinya ke om sama tantennya.

Lagian bayi yang dia bawa ini bayi ajaib, berbulu, item, dan monyongnya nggak ketulungan punya ekor pula.  Merangkak sih iya, tapi dia tetep bukan bayi pada umumnya. Bukan sembarang bayi yang lo udah tau. Tau nggak apaan?

Anjing, men! *ambigu.
Bayi yang dia bawa adalah bayi anjing. Lupa jenisnya apaan, pokoknya campuran anjing kampung sama anjing jenis apa gitu. Kalo nggak salah wolfram… *emang ada jenis anjing kaya gitu? Tau deh.

Nah, kedatangan bayi tak bersalah inilah awal dari segala masalah. Akar-akarnya permasalah kenapa kondisi politik gue dikatakan nggak aman. Ibarat elektabilitas parta piiipp… mungkin sekarang gue lagi kalut antara mau bubarin partai itu atau tetep dipertahanin sampai titik darah penghabisan.

Tapi yang jelas, gue lagi kejepit gara-gara dia sekarang!

Nggak tau kenapa ya, sejak kehadiran bayi satu itu gue jadi males dan selalu merasa terancam. Gue males banget keluar rumah. Apalagi sekarang-sekarang ini. Padahal kamar mandi sama rumah gue kepisah. Berasa nggak dikasih kesempatan sama sekali buat tarik napas. Padahal waktu itu dia masih bayi. Tapi mukanya udah nyebelin banget. Muka nantang, apalagi bulunya yang item. Sok berasa eksotis kali, ye?

Awalnya dia emang nggak bertingkah, dan bahkan cukup luculah buat anjing seumuran dia.  Bahkan gue sempet diceritain sama si adik pemilik tentang kisah naas hidup si anjing.

Ceritnaya gini, si anjing yang waktu itu gue belum tau namanya udah ditinggal mati sama nyokabnya. Dan ibunya sendiri meninggal dengan mengenaskan. Setelah sebelumnya dia sempet diracun, tapi dia berhasil selamat. Ibunya sendiri harus mengakhiri hidupnya di kuali panas. Alias direbus, dimasak mau dimakan bareng-bareng.

Gue shock dong diceritain kaya gitu? Please ya, apa enaknya coba daging anjing. Kebayang nggak sih? Lo punya anjing, tiap hari lo ajak jalan (emang pacar?), lo ajakin main… eh tiba-tiba udah jadi rica-rica di depan lo… ngeri geli gimana gitu…

Dan semenjak ada anjing itu, tetangga sebelum jadi rame. Mereka sering banget teriak dan manggil anjing itu dengan sebutan Kovi *menurut pendengaran gue.

Nah ada satu yang bikin gue ngakak guling-guling denger namanya. Bukannya gue mau menghina. Tapi nama anjing itu mirip nama adek gue. Cuma beda huruf depannya doang yang tingga diganti huru ‘N’.

Dan yang paling seru, kadang adek gue suka tanpa sadar ngerespon panggilan tetangga sebelah yang lagi manggil anjingnya.

Wkwkwkwkwk. Nggak tau dah musti gimana. Tapi yang jelas, ini cerita awal hidup gue setelah kedatangan si Kovi. Dan untuk beberapa part ke depan gue bakal certain pait manisnya hidup berdampingan dengan Kovi yang punya muka nantangin itu. Dan sampai detik gue nulis ini, gue masih was-was sama keadaan di luar.

Kovi lagi ngga diiket, dia lagi jalan-jalan bebas, sesekali dia berhenti di depan rumah gue. Ngeliain muka gue pake mukanya yang nantang itu, dan mukanya kaya bilang gini ke gue, “Eh gila lo mau postingin gue di blog lo? Kagak takut dosa lo gibahin anjing?”

Terserah lo dah, Kov…

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kelebihan dan Kekurangan Model-Model (Mekanisme) yang Menghubungkan Opini Publik dengan Pembuatan Kebijakan

[Teori Komunikasi] Teori dalam Tradisi Sibernetika

Kode Etik Profesi dalam Bidang Komunikasi