[Cerpen] Poker Face


Helo, everybody... sekarang saya datang di malam minggu yang selalu begitu-begitu -,-. Hari ini saya datang dengan suasana yang berbeda. Yang biasanya abstrak, kini sedikit konkret sedikitlah. 

Dan, saya datang membawa cerpen...! cerpen, men! Gila nggak sih? Gue yang begini-ini? hahaha. Di jaman seperti ini, emang cerpen punya tingkatan yang lebih ketimbang hikayat.

Tapi, gimana ya.... tetep cinta sama hikayat... hahaha XD

Ah, udahlah jangan kebanyakan ngetik melulu. So let's check this out :D

Poker Face
oleh : Lamia (Melodi) Putri Damayanti, @LamiaPutriD




“Putus?” dahinya berkerut heran. Ia bertanya-tanya, kenapa gadis yang hampir empat bulan menjadi pacarnya tiba-tiba mendeklarasikan sebuah kata yang menyimbolkan perpisahan.
            Aku terdiam, kemudian mengangguk malas. Benar. Gadis yang menjadi pacarnya memang aku. Aryani. Seorang gadis berpenampilan biasa saja, tidak terlalu good looking, kata orang sih, agak kampungan dan hemat dalam berbagai hal – kecuali hal-hal yang berkaitan dengan hobinya.
Seperti saat ini, ketika berada di kafe super mewah, aku hanya memesan segelas es teh. Padahal aku yakin, orang yang yang sekarang duduk di depanku, tidak akan segan-segan membayarkan makanan dan minuman yang aku pesan – bahkan jika harganya mahal sekalipun. Tapi, toh sebentar lagi orang ini sudah bukan siapa-siapaku lagi.
            Namanya Prima. Siapa yang tidak kenal Prima? Cowok paling tampan dan popular di sekolah. Punya segudang bakat, dari akademik sampai non akademik. Seorang anak beruntung yang lahir dalam keluarga berekonomi jauh di atas rata-rata, fisiknya nyaris sempurna dan sangat karismatik.
Berbeda seratus delapanpuluh derajat denganku. Kalau orang-orang melihat kami berdua, mungkin mereka akan mengira aku adalah pembantu anak orang kaya yang ditugaskan untuk menjaga anak tersebut.
Lagipula, dia adalah seorang playboy yang tidak tanggung-tanggung dalam bergonta-ganti pacar. Pacaran paling sebentar adalah satu jam, dan pacaran paling lama adalah saat denganku. Aku juga heran, mantannya yang bak model itu saja hanya bertahan beberapa hari, bahkan ada yang baru satu jam jadian langsung diputusin. Tapi herannya, dia bisa sebetah ini pacaran denganku? Aku jelas tidak secantik Alexa, ketua cheerleader yang nyaris sempurna fisiknya. Aku juga jelas tidak sekaya Fera, saingan berat Alexa yang sampai saat ini keduanya masih gencar mengejar-ngejar Prima. Padahal, sudah jelas Prima adalah pacarku.
Ah, aku jadi sewot memikirkannya. Buat apa juga akan memikirkan hal-hal seperti itu. Toh, sebentar lagi aku sudah tidak punya keterikatan dengan Prima.
            Kalau boleh jujur, aku masih sayang dengan Prima. Sangat malah! Tapi ada satu hal yang tidak aku sukai darinya. Sifat kekanak-kanakannya! Orang-orang tidak akan pernah percaya dengan wibawa yang tampak pada wajahnya. Apalagi, dia adalah seorang kapten basket. Ketua OSIS pula! Sifatnya yang konyol dan lebih kekanak-kanakan dari anak kecil sekalipun pasti tak akan mengundang curiga dari berbagai spekulasi penggemarnya.
            Mereka hanya tahu, bahwa Prima sosok yang sempurna.
            Siapa yang menyangka bahwa  remaja lelaki paling karismatik di sekolah adalah seorang Gamer sejati.
            Dan yang pasti dia selalu menyuruhku untuk menemaninya di warnet atau tempat-tempat game center. Alasannya untuk menghilangkan rasa penat. Tapi, aku selalu merasa tidak nyaman. Aku seperti pengasuh balita, yang selalu menjaga bocah ingusan yang selalu kegirangan tiap melihat barang yang tampak mengagumkan. Lagipula, kebanyakan pengguna game online kan laki-laki, aku jadi berasa menjadi alien di tempat itu. Sudah begitu, tingkah lakunya ketika bermain game online sungguh menjengkelkan dan kadang membuatku risih. Kadang ia berteriak atau mengumpat ketika kalah.
            Awalnya, aku memang tidak terlalu menghiraukan sikapnya. Tapi, lama-lama aku jengah! Di depan orang lain, dia akan bersikap dingin, cool, sok berwibawa dan bersikap sempurna. Tapi ketika hanya berdua denganku – saja, dia akan mengubah sifat artifisialnya itu menjadi sebuah realita yang tak dapat dipercaya.
            Bukannya aku tidak menerima dia apa adanya. Tapi aku tidak suka dengan perubahan sikapnya. Mengapa dia selalu pasang sikap palsu terhadap orang lain? Mengapa hanya di depanku saja, sifat aslinya itu keluar. Lagipula, dia juga tidak pernah memperhatikanku. Yang ada di pikirannya hanya game online, saja!
            “Kenapa?” dia bertanya dengan nada agak parau. Aku tahu, sifat kekanak-kanakannya pasti akan muncul dengan tiba-tiba.
            “Aku nggak suka sikap kamu yang kayak anak kecil. Kamu itu palsu, di depan mereka kamu sok cool, sok berwibawa, giliran cuma aku yang ada di deketmu, sifat aslimu keluar. Kenapa sih gak apa adanya aja? Don’t show your poker face.”
            Dia menghela napas pelan. Sungguh, ketika dia menghela napas, dia tampak lebih dewasa – dan nampak letih. Tapi, aku yakin sebentar lagi dia akan merengek seperti anak kecil. Dia akan sangat berbeda ketika hanya bersamaku.
            “Ar, kamu tau? Cuma kamu yang bisa bikin aku apa adanya. Cuma di depan kamu, aku bisa ngelakuin hal-hal yang aku suka. Cuma kamu yang ngasih luang waktu dan ruang gerak buat aku. Cuma di depan kamu, aku gak malu sama apa yang aku suka. Aku gak malu untuk nunjukin diriku yang sebenarnya. Aku gak perlu jadi orang lain yang harus tampil tanpa cacat. Cuma kamu yang gak nuntut apapun. Cuma di depan kamu, aku gak perlu lagi pake poker face,”
            Aku tertegun. Serentetan ucapannya barusan benar-benar membuatku tercengang, seperti merasakan tsunami yang tiba-tiba menerjangku di padang pasir. Tidak wajar, mengejutkan dan melambungkan. Membuat rasa kesal yang telah mengering kini dihujani sebersit rasa senang. Jujur, aku senang mendengarnya. Membuatku terharu. Membuatku besar kepala tapi juga membuatku malu. Rasanya campur aduk dan tak terkatakan.
 “Kamu tahu, kenapa aku suka gonta-ganti pacar?”
            Aku menggeleng pelan.
            “Karena nggak ada satu pun yang bisa ngertiin aku. Yang mereka tau, cuma gimana aku harus ngertiin mereka. Mereka gak melihat aku apa adanya. Aku harus tampil sempurna. Mereka maksa aku untuk bertingkah palsu. Aku juga muak! Makanya aku mutusin mereka. Aku gonta-ganti pacar bukan karena aku suka mainin cewek, tapi karena aku nggak suka sama sikap mereka. Mereka itu cuma mentingin status, prestise semata!” ungkapnya menggebu-gebu.
            “Bagi mereka, aku cuma barang yang hanya di-show off-in doang. Kamu beda, Ar. Cuma di depan kamu, aku bisa bebas jadi diri aku sendiri. Aku gak harus susah-susah pasang poker face,”
            Aku tambah tertegun. Meresapi tiap kata-katanya. Sebuah paragraf yang sepertinya telah terkungkung lama, dan kini ia bebaskan. Dan setiap kalimat yang ia ucapkan benar-benar membuatku tersanjung, membuat hatiku merintih malu sekaligus senang. Membuatku merenungi tiap kata yang ia ucapkan.
            “Aku gak suka jadi ketua OSIS, apalagi ketua basket.. Rasanya pengen aku buang semua jabatan itu kalau ujung-ujungnya aku dituntut untuk selalu tampil sempurna.,”
            Aku menghela napas pelan, menundukkan kepalaku melihat kaki-kaki meja kafe yang terlihat kokoh. Mengapa di saat aku benar-benar yakin ingin berpisah dengannya, ia malah mengutarakan hal-hal yang membuatku tertegun heran – sekaligus senang? Apa ini triknya? Setiap ucapannya bagai menerbangkanku ke luar angkasa. Bahkan rasanya, aku bisa bernapas di antariksa. Seakan ia memberikanku oksigen untuk bertahan hidup. Semakin tinggi semakin sesak, tapi ketika itu pula ia datang membawa udara. Dia benar-benar membuatku mengecap keheranan yang amat dalam – sekaligus perasaan senang.
            “Dan aku pengen kamu tahu, aku suka kamu udah dari lama. Sejak kita masih SMP,”
            SMP? Aku kaget dan heran dengan ucapannya. Aku langsung mengangkat wajahku, dan secara tak sengaja langsung berhadapan dengan wajahnya. Matanya tampak menerawang jauh.
            “Aku kan gak satu sekolah sama kamu?” tanyaku heran. Setelah lama terdiam, akhirnya aku angkat bicara.
            “Tapi aku sering liat kamu,” dahiku berkerut heran. Tapi dia malah tersenyum. “Warnet Link?” tanyanya, seperti memberikan pancingan dalam teka-teki.
            Warnet Link? Ah – ! Aku hampir terperanjat dari tempat dudukku. Serasa ada listrik yang menyetrum otakku, melebarkan memori yang hampir terhapus. Memori di mana, aku yang terkenal hemat akan langsung menghambur-hamburkan uang untuk sebuah hobi – yang kini hampir terlupakan.
            “Aku masih ingat jelas, kamu adalah satu-satunya cewek yang ada di warnet itu. Satu-satunya cewek yang doyan game online. Kamu cuek banget, walaupun seisi warnet mandang miring kamu. Di saat cewek seumuran kamu pada suka bersolek, kamu malah nongkrong di warnet. Kamu gak malu, kamu kelihatan biasa saja,”
            Aku terdiam. Bahasa mana pun tak aku gunakan, aku bungkam dalam diam. Hanya lirikan mata yang mengutarakan bahasa. Hanya menyesapi kalimat-kalimat yang diucapkan Prima dengan hati-hati. Aku terharu. Walaupun mengingat sikapnya membuatku jengkel. Tapi, ketika ucapannya terngiang-ngiang tanpa henti, rasanya ada yang bergejolak di dalam hati.
            “Sejak saat itu, aku pikir kamu beda, Ar. Cewek paling beda. Kamu gak perlu berpura-pura,”  dia menghela napas sebentar.
“Dan itu yang paling membuat aku suka sama kamu. Aku pikir, kamu pasti menerimaku apa adanya. Tapi, ternyata aku salah…” katanya, membuat hatiku berdenyut sakit.
            “Kamu yang salah Prim…” desisku lirih, hampir tidak terdengar. Tapi aku yakin Prima masih bisa mendengarnya. “Aku nerima kamu apa adanya. Tapi kamu kau gak peka sama perasaanku,” kataku. Prima tampak mengerutkan keningnya.
            “Aku juga butuh luang waktumu. Aku bukannya nggak nerima kamu apa adanya. Aku juga pengen sekali-kali kamu ngalah. Tiap kita pacaran, pasti di game center melulu.” Kataku kesal, dan membuat Prima tertawa.
            “Habisnya, aku kan ngeliat kamu waktu masih SMP. Kamu kan dulu maniak game. Jadinya aku pikir kamu suka sama hal-hal kayak gitu,”
            “Itu kan waktu aku SMP, sekarang aku udah SMA,” kataku senewen.
            “Jadi?” aku menatapnya heran. Tapi kemudian menyadari suatu hal – tentang latar belakang, tujuan, dan hasil pembicaraan ini.
            “Jadi apa?” kataku sedikit menggodanya. Dia sedikit mendengus kesal, tampang kekanak-kanakannya mendadak muncul.
            “Jadi kita?” tanyanya penasaran, seakan memberikan semua keputusan kepadaku.
            “Kita putus,” ujarku tegas. Dan tampak matanya mendelik sempurna, wajahnya tampak lemas dengan ekspresi sedih yang tak bisa kudeskripsikan. Yang, jelas kedua tangannya tampak mengepal kesal.
            “Kita putuskan main game online sekarang,” kataku sambil nyengir, membuatnya mendesah lega dan kemudian mengacak-acak rambutku kesal.
            “Eehh… apaan sih!” aku langsung sewot ketika rambutku yang telah ditata rapi ia acak-acak.
            “Jadi gak putus kan?” ia ikutan nyengir khas anak-anak.
            “Ehm…” aku berpura-pura menimang-nimang jawaban. Dalam hati aku tertawa geli menatap ekspresi penasarannya.
            “Kita tanding main Ayo Dance, kalo aku menang, kamu harus belajar untuk apa adanya di depan orang lain!”tantangku.
            “Oke, siapa takut?” dia balik menantangku. “Aku juga udah muak jadi seorang poker face.”
***

Hahaha... gimana-gimana? Sedikit pamer ya :P... cerpen ini pernah dimuat di majalah kawanku edisi 134... (ceritanya pengen sombong nih...? Mau pamer kok jujur amat) Ya biar deh, pamer-pamer sekalian... dijujur-jujurin, daripada sok nyari alesan nggak relevan, ya nggak? (ente ngomong apa sih?)

Tapi, kalo boleh jujur, sampe sekarang masih nggak nyangka, kok bisa cerpen ini nyangkut di majalah itu. Kebetulan waktu ke toko buku itu, iseng ngobrak-abrik jajaran majalah, eh nggak taunya nemu cerpen satu ini. Berhubung cerpen pertama langsung hebring di toko buku. Lebai banget deh ya? Biarin deh, yang penting dapet duit *syududududu. Alhamdulillah :3. Keep say a lot of thanks to Allah :3

Mmm... segitu aja kali, ya... kapan-kapan mungkin mau posting cerpen lain lagi :D

dan di sini Mountain Pirates lagi menyendiri sambil menekuni materi ujian praktek. Wish me luck. BISMILLAH :D

sumber gambar :  http://piratevoyager.com/SHARE-COMPARE/using/2/stoicface.jpg

Comments

  1. BONUS FREECHIP!

    CemePoker merupakan agen Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan berbagai banyak game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sebagai agen judi poker dengan rating win tertinggi.
    Cemepoker menjamin 100% keamanan para membernya serta pemain Poker kami DIJAMIN 100% Player VS Player.
    Jangan lupa nantikan bonus menarik setiap bulannya dan bonus referal seumur hidup.

    Baca juga :
    http://www.cepok.org/posisi-duduk-yang-paling-baik-dalam-bermain-poker-online/

    http://www.cepok.org/tips-dan-trik-pasti-menang-fair-play-dalam-bermain-poker/

    http://www.cepok.org/cepok-panduan-cara-bermain-capsa-susun-online/

    Ayo daftar sekarang di Cepok.org

    ReplyDelete
  2. PROMO NEW MEMBER 20%

    Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa layanan guna pembukaan akun permainan judi atau taruhan online pada kamu di cabang judi online yang berkelas International, resmi dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Sebagai Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama industri Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man buat beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://bolazeus.net/2018/07/23/panduan-cara-bermain-baccarat-di-situs-judi-online/
    https://bolazeus.net/2018/07/24/ciri-ciri-poker-online-terpercaya-2018/
    https://bolazeus.net/2018/07/26/panduan-cara-bermain-fantan-terlengkap-2018/

    Ayo daftar sekarang di bolazeus.net

    ReplyDelete
  3. PROMO BONUS DEPOSIT HARIAN INDOKARTU

    Minimal Deposit!

    === 7 Permainan 1 USER ID ===
    JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
    INDOKARTU adalah situs judi kartu online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam memberikan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai web Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan minimal deposit yang sangat murah dan menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa main dengan para player dari seluruh kota yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di judi kartu online

    indokartu.info

    Ayo main sekarang di indokartu.net

    ReplyDelete
  4. ===> BONUS BUAT MEMBER BARU! <===

    DONACOPOKER merupakan situs judi kartu online Indonesia paling terpercaya dan resmi dalam menyediakan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan sebagai situs Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah serta menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan dapat bermain dengan para player dari banyak kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

    === 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===

    https://www.pokerdonaco.org/promo-terbaru/bonus-imlek-angpau-dari-donacopoker/
    https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/langkah-mendapatkan-super-royal-flush/
    https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/cara-membedaka-situs-poker/
    https://www.pokerdonaco.org/cara-bermain/panduan-bermain-poker-online-2/

    Ayo main sekarang di DonacoPoker.net

    ReplyDelete
  5. BONUS 10% EVERY DAY

    Kantor Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang sediakan jasa layanan terhadap pembukaan akun permainan judi atau taruhan online bagi kamu di delegasi judi online yg bertingkat International, jadi dan terpercaya hanya di judi online terpercaya.

    Sebagai Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh orang nomor 1 Isle of Man kepada beroperasi sebagai juru taruhan sport sedunia.

    https://agenzeus.com/main-judi-online-deposit-pulsa/

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola.biz

    ReplyDelete
  6. Kabar Gembira Bagi Member Setia Pokervita
    Kini Deposit dan Withdraw Dapat Menggunakan OVOPay
    Lebih Cepat, Praktik, Aman dan Tanpa Jam Offline.

    Situs bandarq teraman dan terpercaya
    -BONUS REFERRAL 15%
    -BONUS CASHBACK TUROVER ( SETIAP HARI )
    -NO ROBOT,NO ADMIN
    -Proses Deposit dan Withdraw Dengan Cepat
    -Dilayani Operator Yang Ramah Dan Profesional

    Info Lebih Lanjut Hubungi :
    WA: 0812.2222.996
    BBM : PKRVITA1 (HURUF BESAR)
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker


    Deposit Poker Pakai Ovo

    Pokervita Situs BandarQ

    JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014

    ReplyDelete
  7. ZEUSBOLA | AGEN SPORTBOOKS ONLINE | LIVE CASINO | SABUNG AYAM | SLOT GAME | POKER ONlINE
    Untuk Anda semua para BETTOR di seluruh Indonesia..
    Kami ZEUSBOLA ingin menjagak Anda semua bergabung bersama kami

    Kami memiliki nilai PLUS seperti :
    - Pendafaran User ID baru tidak di pungut biaya !!
    - Minimal Deposit VIA ATM / OVO dan WIthdraw Rp.50.000,-
    - Minimal Deposit VIA PULSA Rp.25.000,-
    - Pelayanan CS kami yang Profesional, Ramah & Sopan siap melayani Anda 24 Jam 7 Hari NONSTOP !!
    - Data & Privasi Member DIJAMIN AMAN !!!
    - Kami menyediakan 5 Bank yaitu : BCA - BNI - BRI - MANDIRI - CIMB NIAGA

    Promo-promo Bonus menarik yang kami sediakan untuk para BETTOR
    - BONUS NEW MEMBER 15%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 10%
    - BONUS CASHBACK 15% + ROLLINGAN 0.6%
    - BONUS EXTRA FREECHIP !!

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di :
    - Whatsapp : 081333552228
    - LiveChat : http://www.bolazeus.com

    Link Alternatif :
    http://www.bolazeus.com

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

    ReplyDelete
  8. Mari bergabung bersama S128Cash, Agen Sabung Ayam Online Terbaik SEPANJANG MASA !!
    Kami siap memberikan pelayanan terbaik 24 Jam 7 Hari NONSTOP melalui CUSTOMER SERVICE kami yang PROFESIONAL dan RAMAH.
    Disini bukan hanya khusus untuk Sabung Ayam saja, Anda juga bisa menemukan semua jenis-jenis permainan yang bisa memuaskan Anda di S128Cash, seperti Sportbooks, Live Casino, SlotGame, Togel, dan IDNPoker.
    S128Cash akan memberikan bonus terbaik untuk berbagai jenis permainan judi online.
    Bonus yang disediakan sangat mudah didapatkan dan bonus kami akan membuat permainan judi online semakin menarik, sehingga Anda sebagai pemain akan semakin semangat sehingga akan menjadi kesan yang positif bersama kami.

    Ayo tunggu apa lagi, segera Daftar S128 bersama kami, untuk informasi lebih lanjut Anda bisa hubungi kami melalui :
    - Livechat : S1288Poker
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    ReplyDelete
  9. Yuk di add pin WA: +628122222995
    Sabung ayam online dan semua jenis permainan judi online ..
    Semua bonus menarik kami berikan setiap hari nya ... :)
    www,bolavita, ltd ayam bagkok

    ReplyDelete
  10. BETTOR SEJATI ?? KURANG TEPAT JIKA BELUM BERGABUNG BERSAMA http://zeusbola.cc/

    Segera Bergabung Bersama Agen ZEUSBOLA Penyedia Games Online Terbaik, Teraman, Terpercaya Dan Terlengkap!

    Selain Memberikan RATE PULSA & RATE KEMENANGAN TERTINGGI DARIPADA AGEN LAIN ZEUSBOLA JUGA Menyediakan :::


    • Layanan Customer Service Online 24Jam
    • Agen Resmi Bersertifikat Resmi Dari Pusat S128, Sv388
    • Menerima Deposit All Bank Lokal Indonesia
    • Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel, Xl/Axis
    • Menerima Deposit Via Ovo
    • Menerima Deposit Via Gopay
    • Menerima Deposit Via Linkaja
    • Menerima Deposit Via TCASH
    • Menerima Deposit Via DANA
    • Menerima Deposit Via INDOMARET
    • Menerima Deposit Via ALFAMART
    • Menerima Deposit Via MKIOS
    • Pelayanan Terbaik, Teraman Dan Terpercaya ( FAST RESPON )

    Bagi Anda Yang Mencari Pelayanan CS Cepat Anda Harus Mencoba Mendaftar Dan Bermain di ZEUSBOLA.CC, Karena Selain CS Yang Ramah, Di ZeusBola Proses Deposit & Withdraw Hanya Butuh Waktu 1 - 3 Menit Saja !!


    Daftar Judi Poker Online Deposit Pulsa Ponsel Indonesia Terpercaya
    Link : http://104.248.148.252/register

    UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUTNYA HUBUNGI :
    Whatsapp : 0813 3355 5996
    SMS : 0813 3355 5996


    #S128 #S128SabungAyamOnline #s128Depopulsa #s128Depositpulsa #situsjudionline #judidepositpulsa #judipulsa #situsjudipulsa #Judipakaipulsa


    Kunjungi Juga :

    Artikel Terupdate : https://medium.com/@marketingzeusbola/
    Situs S128 Sabung Ayam Deposit Pulsa, Bank, Ovo, Linkaja, Tcash, Gopay, Dana : http://178.128.92.55/
    Nonton Bareng : https://www.nontonbasket.net
    Situs Slot Pulsa : https://slotpulsa.net
    Situs Poker Pulsa : https://idnpulsa.com

    ReplyDelete
  11. Suka bermain Slot???
    Tapi jarang menang??
    jangan berkecil hati Yukz gabung dengan kami di Winning303
    Agent Betting Online terbesar & teraman Zaman now

    Winning303 juga menyediakan permainan lain
    1. Sportbooks
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Poker Online
    6. Sabung ayam

    Yang pastinya tidak kalah seru dengan permainan lainnya...
    cukup 1 User ID untuk semua permainan..Gak Pake Ribet...

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete
  12. Sebenarnya banyak langkah untuk memenangi permainan Poker Online, beberapa cara tersebut dengan strategi dan teknik yang tepat. Dengan intensitas bermain yang sering dapat membuat anda memahami bagaimana cara memenangkan permainan Poker Online Pulsa. Sebaiknya memperbanyak latihan dan pelajari beberapa informasi penting tentang permainan Poker hingga kamu memiliki modal kemampuan dalam permainan Kartu Poker dengan Online.

    Artikel Poker Pulsa
    Game Poker Pulsa Indonesia
    Live Chat Poker Pulsa

    Hubungi Kami
    http://165.22.51.220
    Livechat : Livechat PokerAyam
    WA : 081222221680
    LINE : POKERAYAM

    ReplyDelete
  13. Rasakan Permainan Slot Yang Beda Banget...
    Slot Populer Pragmatic Play Hadirkan Permainan Slot Dengan Jackpot dan Kemenangan Yang Tinggi...
    Ratusan Slot Bisa Anda Mainkan Disini...

    Dapatkan Bonus Deposit Untuk Slot 10% dan Rollingan 1% Setiap Hari...
    Bonus Referral Dengan Sistem Downline Berlaku Seumur Hidup..!!

    Jangan Lewatkan Kesempatan Ini...

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244

    ReplyDelete
  14. Nikmati kemudahan judi online bayar pakai pulsa yang pastinya lebih aman, cepat, pratis dan tidak ribet. Pokerayam menerima deposit pulsa Telkomsel, XL, dan Axis dengan minimal deposit 25rb. Didukung dengan deposit OVO, Dana dan GOPAY.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan
    > Bonus Refferal 15%

    Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
    - Semua Bank Lokal
    - OVO
    - Gopay
    - Dana
    - Pulsa (Minimal Deposit 25rb Rate Terbaik)

    * Game Domino QQ Pulsa
    * Poker Online Uang Asli Deposit Via Aplikasi Dana
    * Kontak PokerAyam

    HUBUNGI KAMI:
    pokerayam.cc
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    ReplyDelete
  15. PROMO MEMBER BARU 15%

    DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan agen master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Bolazeus.

    Sbg Delegasi Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh ketua Isle of Man pada beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
    https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
    link alternatif zeusbola

    promo s128

    Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 nova88 link alternatif, main langsung maxbet nova88.

    ReplyDelete
  16. ZEUSBOLA AGEN JUDI ONLINE TERPERCAYA...
    SALAH SATU SITUS AGEN JUDI ONLINE TERPERCAYA DAN AMAN SE-INDONESIA DENGAN BONUS YANG MENARIK.

    AYO GABUNG MENJADI MEMBER DI SITUS JUDI ONLINE TERBESAR DAN TERPERCAYA DENGAN PELUANG JACKPOT DAN MENANG LEBIH BESAR HINGGA PULUHAN JUTA....!!!!

    DENGAN MINIMAL DEPOSIT PULSA 25RB ANDA SUDAH BISA BERMAIN..!!!!!!

    ZEUSBOLA Adalah Situs Agen Judi Online Terpercaya Indonesia Pertama Yang Menyediakan Berbagai Macam Permainan Online Seperti :

    *SPORTSBOOK
    *LIVE CASINO
    *IDN LIVE
    *IDN POKER
    *SLOT GAMES
    *TEMBAK IKAN
    *JOKER123
    *SABUNG AYAM
    *TOGEL ONLINE

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
    atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :
    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank DANAMON

    Bank MANDIRI


    Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
    Bonus New Member 15%
    Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
    Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
    Bonus Rollingan Up To 0.6%
    Bonus Harian 10%
    Bonus Reward

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
    Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

    Alamat Situs Alternatif :
    http://zeusbola.club/
    http://zeusbola.site/
    http://zeusbola.best/

    Kontak ZEUSBOLA :
    Whatsap : +62 813 3355 5996
    LINE : ZEUSBOLA
    TELEGRAM: t.me/zeusbola

    Daftar Agen Judi Bola Online Terpercaya

    Judi Sabung Ayam Online Via Android

    Sabung Ayam Online S128 & SV388 Deposit Dana

    ReplyDelete

  17. Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

    Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  18. Agen Sabung Ayam terpercaya hadir memberikan layanan taruhan sabung ayam online dengan kualitas video HD terbaik tanpa adanya manipulasi di arena. Bagi penghobi sabung ayam sangat cocok untuk beralih bertaruh sabung ayam bersama provider SV388. Menerima deposit via pulsa tanpa potongan khusus Telkomsel, XL dan AXIS dengan minimal deposit pulsa 25 ribu.

    Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

    Daftar Disini --> Museumayam

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    Kontak Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Bandar Togel Online
    Museumbola Slot IDN
    Sabung Ayam sv388
    togel online
    Museum Toto
    Poker Online Pulsa
    togel deposit pulsa

    ReplyDelete
  19. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Agen Poker Online Deposit Murah 10 Ribu

    Agen Poker Online Terpercaya Dengan Deposit E-money

    ReplyDelete
  20. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    BANDAR TOGEL TERPERCAYA DEPOSIT PULSA

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    https://mbo128.com/togel

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

    • PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    ReplyDelete
  21. CLUB388CASH SLOT & SABUNG AYAM ONLINE DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    CLUB388CASH adalah situs judi slot online terbaik 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Promo Terbaru Khusus Bulan Juni, Deposit VIA Pulsa TANPA POTONGAN!

    Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    Judi Slot Online Club388
    Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Poker Online
    Situs Poker Online
    Situs Poker Deposit Pulsa

    ReplyDelete
  22. BONUS SETIAP HARI DARI DONACO POKER 2021

    Donacopoker adalah agen poker online Indonesia resmi yang melayani para pemain dari seluruh Indonesia untuk mendaftarkan diri dan bermain game kartu online yang unik. Untuk memberikan kenyamanan bagi pemain setia, Donacopoker hadir dan berikan bonus-bonus terbaik setiap harinya untuk semua game yang tersedia di Poker Online.

    Keuntungan Jika bermain di website
    - Proses Deposit dan withdraw maksimal 3 menit
    - 100% No admin dan No robot
    - Player vs Player
    - Fair Play

    Jalur Cepat:
    WHATSAPP : +6281333555662
    LINE : Donaco.poker
    CHAT SEKARANG

    Salam Kemenangan Untuk Anda.
    Terima Kasih.

    #DONACOPOKER #POKERIDN #POKERONLINE #BANDARCEME #CEME #DOMINO #SUPERTEN #CAPSA #OMAHA #BONUSPOKER #POKERTERPECAYA #DEPOSITPULSA

    ReplyDelete
  23. AGEN TOGEL DEPOSIT VIA PULSA TERPERCAYA

    ===> Museumtoto

    ===> daftar nomor togel

    ===> agen togel pulsa

    ===> Slot Pulsa Tanpa Potongan

    Dapatkan Promo-promo Spesial Setiap Bulannya di MuseumToto
    Nikmati Kemudahan Deposit Museum Toto dengan PULSA dan OVOpay yang kami sediakan..
    Nikmati juga banyak Bonus Lainnya Yang Kami Sediakan..

    Dapatkan Deposit dengan rate potongan terendah untuk Telkomsel, AXIS dan XL...

    ===> Bonus Deposit 20% New Member
    ===> Bonus Deposit 5% Setiap Hari
    ===> Bonus Cashback 5% - 10%
    ===> Extra Bonus Prize 2 & Prize 3

    Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
    Semua Bank Lokal
    OVO
    Gopay
    Dana
    Pulsa (Minimal Deposit 10rb Rate Terbaik)

    Untuk Togel Kami Menyediakan 7 Pasaran

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : 083157394921

    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMPOKER
    ===> LINK ALTERNATIF MUSEUMAYAM
    ===> CLUB388
    ===> SV388

    ReplyDelete
  24. Kemenangan memikat menunggu di Jade Butterfly, slot formasi 5×4, dengan 1,024 cara untuk menang. Ketika Anda memicu fitur Spin Gratis, 13 Free Spin dengan Pengali 3x siap diperebutkan. Kupu-kupu menciptakan slot ini dan meyakinkan Komite Peri untuk membiarkan Anda bermain dengan satu syarat: slot ini harus memberi Anda kemenangan besar. Kupu-kupu menangani masalah ini dan menyambut Anda ke permainan slot rahasia mereka.<a href="https://judislot.gratis/2021/10/08/review-jade-butterfly-dari-pragmatic-play-2/”>Review Jade Butterfly Dari Pragmatic Play</a>

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kelebihan dan Kekurangan Model-Model (Mekanisme) yang Menghubungkan Opini Publik dengan Pembuatan Kebijakan

[Teori Komunikasi] Teori dalam Tradisi Sibernetika

Kode Etik Profesi dalam Bidang Komunikasi