BITTER SWEET COFFEE [02]


Tulikan dia. Butakan dia. Bisukan dia. Ini bukan mantra, bung. Ini doa. Doa penangkal…

***

Gue kembali lagi bersama secangkir kopi. Muehehehe. Berhubung, temen gue, si Maman, doi calon desain grafis, lho! Gambarnya itu kereeen banget. Nggak percaya, coba ceklah di blognya dia : http://luqmanrokhim.blogspot.com

Balik lagi ke kopi. Ini malah jadi menghubung-hubungkan Kopi sama Maman. Dianya sih ngebet request. Besok kalau ke rumahku, cek wajah Kopi ya, jangan lupa dibuat doodle art. Hahaha. Ups!

Ayo, sekarang bener-bener balik ke Kopi! Nanti Kopinya keburu dingin. Oke sekarang saya mau cerita tentang ‘Tulikan dia. Butakan dia. Bisukan dia’. Mantra – eh doa, yang biasa gue rapalkan tiap papasan sama dia. Buseet, papasan gaya bahasanya?

Kadang adek gua yang udah punya pengalaman asin pahitnya malah sering baca ayat kursi segala. Terus dengan bangganya adek gue ini cerita, “Tadi aku baca ayat kursi, terus kupingnya gerak-gerak,”

Sekedar cerita ya, dulu adek gue pernah ditubruk sama si Kopi. Nggak tau gimana krologisnya ceritanya, pokoknya gue yang lagi di rumah, tiba-tiba denger jeritan adek gue. Tapi gue cuek aja, masih mantengin TV. Sok berlagak nggak tau apa-apa.

“Alah, paling adek gua juga lagi cari popularitas,” Ă  ini mikirnya absurd banget.

Nah, waktu lagi asik nonton TV, adek gue masuk dong ke rumah sambil berlinangan air mata, dan yang jelas, doi nggak berhenti maki-maki Kopi. Terus gue tanya sambil cengengesan (gue emang bukan kakak yang patut dicontoh), “Ngopo kowe? (Kenapa kamu) Alay banget,” Ă  ini masih sempet-sempetnya ngatain adek sendiri.

“Aku ki ditubruk Kovi (Aku ditabrak sama Kovi)!!!”

Nggak tau kenapa, bukannya prihatin saya malah ketawa ngakak dan bayangin kronologis cerita penabrakan di Kovi itu. Terus gue bilang (ini sudut pandangnya ganti-ganti, eh?) “Lha, dia kan adek kamu, pengen main kali,”

Pas denger ini, adek gue langsung marah-marah. Dia juga jadi males keluar rumah. Kalau mau keluar pasti ngajakin saya. Oh, ya cerita lagi nih, dulu saya pernah mau sholat maghrib. Ceritanya saya mau ambil air wudlu (kamar mandi saya di luar rumah dan tepat di sampingnya ada rumah tetangga saya, nah disitulah Kovi dan segala tetek bengeknya bersemayam. Mungkin kalian bingung sama tata letak bangun ruang di rumah saya, besok kapan-kapan saya liatin foto atau denah aja, ya) Tapi Kovinya lagi di depan, nggak diiket. Akhirnya, harus ngerelain beberapa menit buat nunggu jam aman. Eh, setengah jam-an udah lewat, si Kovi belum juga diiket. Malah yang punya masuk ke dalam rumah. Kovinya dibiarin di luar. Jalan-jalan ke sana ke mari. Bikin merinding. Waktu itu belum terlalu hapal sama doa melihat anjing.

Nah, gue galau dong. Ini udah setengah jam lewat. Dan si Kovi masih di luar, dan ini udah hampir isya’… 

Geeeeeh…. Gerah!

Akhirnya, dengan memberanikan, gue keluar rumah. Pas maghrib ke atas, emang jadi jadwalnya Kovi ngamuk. Kenal nggak kenal dia bakal menggonggong nggak jelas.

Eh, pas baru kepala yang lagi keluar, si Kovi udah bangun dia langsung lari ke arah gue sambil menggonggong. Ini yang mau wudlu menghilangkan najis gimana nggak sewot? Malah dihampirin barang najis? Ini mah bener-bener cobaan terabsurd yang pernah ada.

Langsung aja gue ambil sapu, terus dengan pedenya, “Lungo kowe! Lungo kowe! (Pergi kamu! Pergi kamu!)” 

Nggak elit banget deh, pokoknya. Nah akhirnya doi cabut. Dan waktu pun berlalu. Gila, ini mah bisa jamak sama sholat isya’ kalau begini caranya. Padahal, air hanya beberapa meter di depan. Tapi kenapa ini ada penghadang super nyebelin.

Akhirnya, pas si Kovi lengah, saya berhasil keluar dan ngumpet di balik garasi. Ini saya bener-bener kaya Tentara, tiarap-tiarap nggak jelas sambil ngeliatin gerak-gerik Kovi dari kolong mobil. Sumpah, bener-bener berasa jihad pas perang.

Adek saya malah ketawa-ketawa nggak jelas di dalem rumah. Adek gue cari aman, bray. Tambah ngeselin banget.

Nah, terus pas si Kovi udah mulai tiduran lagi. Saya beraniin keluar dari tempat persembunyiannya. E, lha, pas baru kaki keluar, dia udah bangun lagi, dan langsung ngejar saya. Saya langsung lari nggak jelas ke WC. (WC bersebelahan sama kamar mandi, tapi pintunya berkebalikan. Nggak mudeng? Ya, pokoknya gitulah) Dia masih aja menggonggong di luar.

Ini bener-bener berat banget, bayangin dong. Gue Cuma mau ambil air wudlu. Cuma mau sholat! Kenapa sih, musti kayak begini…? Mungkin ini cobaan dari Allah.

Dan menit-menit pun semakin berlalu. Saya masih belum bisa ambil air wudlu. Masih tiarap-tiarap nggak jelas kaya tentara.

Dan dengan lebainya saya teriak-teriak, “Ya Allah, aku Cuma mau wudlu ya Allah. Aku mau sholat. Mbok Kovi didiemin ya Allah. Nanti waktunya buat sholat abis ya Allah. Tolonglah ya Allah. Please….”

Nggak tau ya, dari sekian doa yang dipanjatkan manusia di muka bumi, adakah doa senaas saya? Nggak tau juga. Yang jelas, saya terjebak di belakang garasi beberapa menit. Balik ke rumah, nanti dikejar. Lari ke kamar mandi nanti juga dikejar. Lha ini  gimana? Masak harus wudlu di WC. Emang sah? Dilema banget pokoknya, mana waktu juga nggak mungkin mem-pause-kan diri. Ya, kan?

Dan pada akhirnya, masjid-masjid udah pada ngaji-ngaji… mampus dah. Itu pertanda, kalau udah mau masuk isya’. Tapi ini badan belum sholat maghrib, wudlu aja belum.

Dan akhirnya, saya beraniin diri keluar dari tempat persembunyian mengendap-endap. Berhasil, men! Seneng banget akhirnya bisa wudlu!

Tapi, ternyata, masalah nggak selesai sampai di situ. Masalahnya nih, ya? Gue keluarnya gimana bro? Gimana?

Tapi Allah itu baik kok. Allah tetap mengabulkan doa saya yang absurd itu. Hehehe. Baik kan Allah? Akhirnya si empunya Kovi keluar, ngiket Kovi. Hahahaha. I WIN!!!!! I’M THE WINNER. Akhirnya, dengan sok-nya saya keluar kamar mandi sambil dadah-dadah nggak jelas.

Dan Kovi, dia masih setia menggonggongi saya.

Anjing menggonggong, Kafilah berlalu.
Tulikan dia. Butakan dia. Bisukan dia.

Muehehehe.
Oh, ya ada cerita satu lagi, nih. Waktu itu kan saya pulang sholat taraweh sendirian, rukuh masih melekat. Nah waktu sampai di rumah, si Kovi yang ngeliat saya langsung berdiri. Biasalah tuh anjing, menggonggong lagi.

Karena dia lagi diiket, saya nari ubur-ubur aja di depan dia. Nah, semakin menjadi-jadi deh gonggongannya. Sayanya juga berasa pengecut banget. Kalau dia lagi nggak diiket aja, sembunyi, waktu dia diiket, sok berlagak. Biarin deh, mumpung ada kesempatan. Karena gonggongan Kovi merajalela, akhirnya sang empunya keluar buat ngecek. Daripada, saya kepergok sebagai ‘penyebab kegaduhan’, mending saya lari aja masuk ke rumah.

Muehehehehe.


Sekali lagi, dah… Tulikan dia. Butakan dia. Bisukan dia.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kelebihan dan Kekurangan Model-Model (Mekanisme) yang Menghubungkan Opini Publik dengan Pembuatan Kebijakan

[Teori Komunikasi] Teori dalam Tradisi Sibernetika

Kode Etik Profesi dalam Bidang Komunikasi