Hope


Do not give up to expected
Do not stop to give hopes to your life.
Dream on. Just Dream. Realistic is exist, but imagine always real. Believe it. Keep it in to your heart.


Berawal dari sebuah perbincangan yang agak singkat setelah makan bakso (?). Berawal dari sebuah obrolan sederhana tentang ‘harapan’. Ada banyak hal yang aku ambil dari percakapan ini. Ada banyak hal yang masih harus kurenungi lagi. Ada sekian hal penting yang kemudian menyadarkan aku tentang sesuatu hal yang bukan lagi sebuah cerita dongen ataupun mitos.


Bahwa, benar, berharap bukan sesuatu yang salah. Bahwa Benar, terus berharap bukanlah sesuatu yang hina. Bahwa, iya, memang benar, berharap adalah salah satu kemauan kita untuk terus hidup di dunia yang penuh dengan tidakpastian ini.

Bahwa benar, berharap itu pasti.


Dan ketika itu, ada seseorang bertanya padaku, “Salah nggak sih aku berharap kayak gini?”


Aku bilang, “Tidak,”


“Tidak ada yang salah,” lanjutku.


Sebuah harapan adalah rencana sederhana kita tentang cerita yang akan dirajut. Harapan adalah titik di mana, kita menyadari bahwa kita masih hidup.


Biarkanlah terus seperti ini. Tidak ada yang salah dengan ‘berharap’, tidak ada yang buruk dari sebuah ‘harapan’. Semua yang nyata sekarang adalah wujud dari mimpi-mimpi yang terus diyakini akan ada.


Lalu, kenapa terus menyalahkan sebuah harapan.


Memang, kekecewaan itu bukan berasal dari apa yang tidak/kita dapatkan. Tapi kekecewaan itu sendiri berasal dari pengharapan kita yanng terlalu tinggi.


Lalu, apakah salah jika kita berharap terlalu tinggi.


Bukankah sebuah hal yang wajar ketika kita terus berharap?


Tidak ada yang salah dari ‘harapan yang terlalu tinggi’. Tidak ada yang benar pula dari semua itu. Hanya saja, kita hanya perlu tahu, bahwa pemahaman yang tulus dari hati harus selalu lekat dalam benak kita.

***

Jangan lelah berharap.
Jangan takut memiliki harapan.


Hope to Life.
Karena dengan berharap, kamu sadar bahwa kamu masih hidup dengan hati yang utuh. Kamu menyadari bahwa kamu hidup dengan tubuh yang tidak kosong. Dengan cinta dan mimpi yang menyertakan sebuah idealisme.

Semoga benar-benar tidak ada yang salah dari sebuah pengharapan dan harapan itu sendiri. Biar mekar dan layu dengan sendirinya. Mencari jalannya sendiri. Harapan selalu mencari jalannya sendiri

Comments

Popular posts from this blog

Kelebihan dan Kekurangan Model-Model (Mekanisme) yang Menghubungkan Opini Publik dengan Pembuatan Kebijakan

[Teori Komunikasi] Teori dalam Tradisi Sibernetika

Kode Etik Profesi dalam Bidang Komunikasi